Minggu, 12 Mei 2013

TUGAS ILMU BUDAYA DASAR 4

 PANDANGAN HIDUP DAN ASAL DARI PANDANGAN HIDUP

Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia, hal ini merupakan hasil pemikiran manusia sesuai waktu dan tempat hidupnya.

Sumber pandangan hidup  berasal dari :
·         
Agama yang mutlak kebenarannya. Karana agama berasal dari tuhan yme yang disampaikan oleh rosul-nya, maka tidak ada keraguan mengenai sumber ini. Dan terbukti semua agama mengajarkan hal yang baik demi manusianya sendiri.
·        
Ideologi yang berasal dari kebudayaan dan norma-norma yang ada di suatu negara. Contohnya rasa nasionalisme yang merupakan perasaan yang timbul pada seorang warga negara yang diabdikan dengan cara berbeda sesuai dengan pengalamn hidup. Contohnya seoran tentara dan dokter yang jelas berbeda profesi namun mereka semua mengabdi kepada negara dengan melakukan pekerjaan sebaik-baiknya demi kemajuan bangsa mereka.
·         
Renungan yang bersifat relatif. Ini berasal dari pemikiran individu, menganalisa sampai mengambil kesimpulan untuk rencana kedepannya untuk kehidupannya. Maka setiap orang memiliki batas yang berbeda dalam kehidupannya sesuai dengan pengalaman hidupnya.

REFERENSI : Materi dari Dosen Ilmu Budaya Dasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar