Minggu, 01 Desember 2013

Bentuk Ruko Dan Kios yang sering dijumpai Di Indonesia


Seringkali kita menemukan ruko atau kios dengan fasad atau tampak depannya persegi panjang keatas,sekilah tampak seperti balok bangunannya, dengan nama toko atau iklan dalam bentuk spanduknya berada pada area kotak diatas kusen pintu dan jendela dengan segala ornamennya.

Namun bila diperhatikan lebih mendetail mereka masih tetap memakai atap miring, yang paling sering adalah bentuk limas dengan sisi segitiga menghadap kedepan yang kemudian sisi segitiga tersebut ditutup tembok atau bahan lainnya sehingga terlihat kotak dari depan kios tersebut.

Memang secara estetika bisa dibilang ini merupakan favorit pada masa kini untuk kios ataupun ruko karena kesan rapi atau terkenal dengan sebutan 'minimalis', selain nilai plusnya adalah mereka mendapatkan 'papan iklan' untuk mereka mempromosikan toko mereka. Yang sering disayangkan adalah sesuai perkembangan harga tanah di pinggir jalan yang melambung, maka bagian depan mereka sisakan untuk parkir dan tanah sisanya dihabiskan kebelakang dan sampingnya untuk bangunan hingga tak ada sjendela disamping dan belakang untuk sirkulasi udara dan cahaya alami karena berbatasan dengan bangunan lain. Memang secra arstektural seharusnya lahan hijau minimal 30% dari luas tanah karena keterbatasan terpaksa lahan dimaksimalkan dengan bangunan.

Berikut ini adalah beberapa tips agar tetap mendapatkan pencahayaan alami dan penghawaan sehat yaitu sirkulasi udara didalam bangunan tersebut.

Pertama, genteng dibagian belakang atau sisi atau tengah atau pada spot yang dibutuhkan pencahayaan di siang hari memakai genteng transparan seperti bahan kaca atau sejenisnya yang bisa meneruskan cahaya matahari.



Kedua, bisa dilihat pada bentuk kios paling kanan diberikan semacam cerobong tinggi setengah lantai atau sampai berada di atas bubungan lantai dasar dengan lebar minimal 60cm (bisa masuk orang untuk perawatan) dibagian belakang kios yang kemudian sisi yang menghadap kedepan diberikan jendela sebagai ventilasi. Untuk memaksimalkan fungsi ini bisa di bagian depan kios dibuat cukup rindang dengan menambahkan tanaman pot atau bagian belakang belakang sehingga akan terjadi sirkulasi udara yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar