Minggu, 01 Desember 2013

Komponen Interior ?




Interior bangunan menyesuaikan fungsi dari bangunan, misalnya interior suatu kantor dan rumah tinggal akan memiliki susunan komponen yang berbeda. Di rumah tinggal. Namun ada beberapa komponen yang sama karena menyesuaikan fungsi ruangan, seperti pada ruang tamu rumah tinggal terdapat meja dan kursi penerima tamu, begitupun di Lobby suatu kantor,dan pastinya segala utilitas wajib suatu kamar mandi, pantry/dapur ada pada tempat yang semestinya.

Beberapa komponen interior umum yang paling sering ditemukan dalam suatu bangunan :

· Meja
Meja terbagi jenisnya menurut fungsinya, seperti diruang makan terdapat meja makan beserta asesorisnya, di kamar tidur terdapat meja rias yang biasa terdapat cermin menyatu dengan mejanya, di ruang tamu terdapat meja tamu, di kamar anak terdapat meja belajar yang biasanya dilengkapi dengan rak buku.

· Kursi & Sofa
Kursi pada hakikatnya adalah tempat duduk dan jenisnya pun beragam sesuai fungsinya. Seperti sofa biasanya ada pada ruang keluarga dan ruang tamu.

· Lemari
Lemari terbagi jenisnya berdasar pada fungsinya, seperti lemari penyimpanan, lemari pakaian, lemari hias (untuk menyimpan barang-barang hiasan)

· Kasur
Merupakan komponen wajib kamar tidur, di bagi berdasarkan ukuran dan modelnya (seperti model tingkat, atau biasa)

Pada hakikatnya komponen interior merupakan suatu pengelompokan berdasarkan ruang yang memiliki suatu fungsi, dengan desain berdasarkan suatu konsep arsitektural yang berhubungan dengan interiornya. Misalnya perabot ruang tamu seperti sofa sudah dijual sepaket dengan mejanya dengan desain yang menyatu.



Komponen Hiasan/aksesoris Interior biasanya menyesuaikan selera dari penghuninya, bisa berupa vas bunga, guci hias, rumah lampu hias, hiasan dinding, dsb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar