Minggu, 01 Desember 2013

Toyo Ito "pemenang Pritzker Architecture Prize 2013"



saya sangat tertarik dengan pemikiran Toyo ito tentang Arsitektur maka dari itu saya akan memberikan kutipan tulisan singkat yang akan menambah wawasan kita semua khususnya tentang Arsitektur.


Dalam memberikan kuliah Kenneth Kassler di Princeton University pada tahun 2009 , Ito menjelaskan pikiran umum nya mengenai arsitektur :

" Dunia alam sangat rumit dan variabel , dan sistemnya adalah cairan - itu dibangun di dunia fluida . Berbeda dengan ini , arsitektur selalu berusaha untuk membangun sistem yang lebih stabil . Untuk menjadi sangat sederhana , dapat dikatakan bahwa sistem grid didirikan pada abad kedua puluh . Sistem ini menjadi populer di seluruh dunia , karena memungkinkan sejumlah besar arsitektur yang akan dibangun dalam waktu singkat .

Namun, juga membuat kota-kota di dunia homogen . Satu bahkan mungkin mengatakan bahwa itu membuat orang-orang yang tinggal dan bekerja di sana homogen juga. Menanggapi itu , selama sepuluh tahun terakhir , dengan memodifikasi grid sedikit saya telah mencoba untuk menemukan cara menciptakan hubungan yang membawa bangunan lebih dekat dengan lingkungan mereka dan lingkungan . " Ito menggantikan bahwa pikiran terakhir untuk " lingkungan alam mereka . "

Di Omotesando daerah modis dari Tokyo , Ito dirancang bangunan pada tahun 2004 untuk TOD 'S , sepatu dan tas perusahaan Italia , di mana pohon-pohon memberikan sumber inspirasi . Kantor Ito memberikan penjelasan sendiri tentang proyek :



" Pohon adalah benda-benda alam yang berdiri sendiri , dan bentuk mereka memiliki rasionalitas struktural yang melekat . Pola tumpang tindih siluet pohon juga menghasilkan aliran rasional kekuatan . Setelah mengadaptasi diagram pohon bercabang , semakin tinggi bangunan, lebih tipis dan lebih banyak cabang-cabang menjadi , dengan jatah yang lebih tinggi bukaan . Demikian pula , bangunan terungkap sebagai ruang interior dengan atmosfer yang sedikit berbeda berkaitan dengan berbagai penggunaan yang dimaksudkan .





Beliau juga mengatakan bahwa karyanya yang telah lalu terus dikembangkan hingga menjadi karyanya saat ini, dan Arsitek bagi beliau juga bermakna tempat berkumpulnya manusia, yang jika kita sadari dengan melirik sekeliling kita benarlah karya Arsitektural adalah pusat-pusat pertemuan. pertemuan pendidikan? sekolah. pusat perbelanjaan? shopping mall, pasar?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar